DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PENGGUNA JASA PERPUSTAKAAN UNIVERSITAS IBA PALEMBANG
Edisi
ISBN/ISSN
Pengarang FARADILLAH SANDHY PURWANINGSIH 12220057.P/MANAJEMEN - Personal Name
Subyek/Subjek Kualitas Pelayanan
Content type Karya Ilmiah Mahasiswa/Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS IBA
Tahun Terbit 2015
Abstrak Perpustakaan merupakan salah satu penyedia informasi yang bergerak dalam
pengelolaan jasa penyedia informasi dan media edukasi. Perpustakaan masih
merupakan pilihan yang relatif murah dalam memenuhi kebutuhan pengunjung.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan
terhadap kepuasan pengunjung pengguna jasa perpustakaan Universitas IBA
Palembang.
Kualitas pelayanan merupakan segala bentuk aktivitas yang dilakukan oleh
perusahaan guna memenuhi harapan konsumen. Pelayanan dalam hal ini diartikan
sebagai jasa atau service yang disampaikan oleh pemilik jasa yang berupa
kehandalan, daya tanggap, jaminan, empati dan bukti fisik dalam memberikan
pelayanan untuk kepuasan konsumen. Dan kepuasan merupakan suatu kondisi
yang di tunjukan kepada konsumen setelah menggunakan jasa atau pelayanan
tersebut.
Metode penarikan sampel dalam penelitian ini yaitu Stratified Random
Sampling namun pada saat penyebaran kuisioner menggunakan metode
Accidental. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang
diperoleh dari kuisioner yang disebarkan kepada 125 responden.
Dari hasil uji regresi linear berganda secara simultan menunjukkan kualitas
pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung perpustakaan sebesar
599,699 dengan signifikasi lebih kecil dari 0,05. Secara parsial kehandalan
10,30%, daya tanggap 18,22%, jaminan 14,77%, empati 34,25% dan bukti fisik
18,46% berpengaruh terhadap kepuasan, 96 % variasi kepuasan pengunjung
perpustakaan dapat dijelaskan oleh variabel kualitas pelayanan sedangkan sisanya
4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini.
Dari lima variabel, variabel Empati (X4) sebesar 34,25% merupakan variabel
yang paling dominan mempengaruhi kepuasan pengunjung pengguna jasa
perpustakaan Universitas IBA. Ini membuktikan bahwa pihak perpustakaan
mampu memberikan pelayanan perpusta/kaan dengan baik dan benar.
Digital File
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya