Judul | ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DOSEN DAN SIKAP KRITIS MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA. |
Edisi | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | ELLYS 0210095902/LPPM UIBA - Personal Name |
Subyek/Subjek | Content type | Karya Ilmiah Dosen |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | LPPM UIBA PALEMBANG |
Tahun Terbit | 2014 |
Abstrak | RINGKASAN Peranan seorang pendidik sangat dibutuhkan untuk menciptakan sumberdaya manusia yang berkompeten agar dapat menjalankan roda pembangunan untuk menuju cita-cita kemerdekaan yaitu menjadi negara yang berdaulat, adil, makmur dan sejahtera. Survey awal diperoleh informasi bahwa kompetensi siswa hanya diukur melalui nilai indeks prestasi kumulatif (IPK). Padahal kompetensi harus meliputi bukan saja kemampuan berfikir (kognitif) tetapi juga kemampuan merasakan (afektif) dan kemampuan berbuat secara fisik (motorik). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan komunikasi dosen dan sikap kritis mahasiswa terhadap kompentesi sumberdaya manusia. Variabel kemampuan komunikasi dosen, sikap kritis mahasiswa dan kompetensi sumberdaya manusia, adalah bagian dari implementasi kemampuan kognitif, afektif dan motorik dosen dan mahasiswa. Responden disini pernah jadi mahasiswa dimana saat ini sudah menjadi alumni dan bekerja sebagai karyawan PT. Pupuk Sriwijaya Palembang. Dosen, pendidik yang mengajari, membimbing, membina, mengarahkan dan mengawasi peserta didik saat menjadi mahasiswa. Peneliti melakukan pengujian secara empiris dengan menggunakan metodelogi penelitian secara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. Mulai dari penentuan lokasi, variabel, model, dan rancangan penelitian serta tehnik pengumpulan data. Begitu juga tehnis pengujian kevalidan dan kereliabilitasan item-item pernyataan yang digunakan sebagai instrumen untuk menggali informasi yang dibutuhkan sebagai data yang dianalisis dengan menggunakan program SPSS for window’s 19.0. Hasil pengujian membuktikan bahwa “Kemampuan komunikasi dosen dan sikap kritis mahasiswa terhadap kompetensi sumber daya manusia” mempunyai hubungan yang nyata dan signifikan. Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebuah rekayasa sosial dimana pengetahuan dasar tentang proses komunikasi adalah sangat penting untuk dipahami oleh seorang dosen, yaitu pengucapan dan tulisan yang jelas, metode ceramah dan media visualisasi, memberikan contoh-contoh nyata, dan keluasan pengetahuan teoritis dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.Kemampuan komunikasi non verbal juga harus dipahami oleh dosen. Prestasi seorang pendidik hanya akan tercapai apabila pendidik selalu memulai, melaksanakan dan mengakhiri pengajaran dengan benar. Komunikasi interaktif dan non verbal serta informasi mutakhir adalah indikator sikap kritis yang mendapat persetujuan >90% dari responden. Dosen harus memberikan informasi ilmu pengetahuan yang sedang berkembang dan mutakhir melalui komunikasi interaktif dan komunikasi non verbal. Kompetensi sumber daya manusia dapat ditunjukkan oleh responden yang bekerja dengan minat dan semangat tinggi, kreatif dan inovatif, mengawali pekerjaan dengan benar, melakukan tindakan korektif dan preventif terhadap hasil kerja, bertanggunjawab pada fasilitas dan lingkungan kerja, serta berkomunikasi aktif dalam bekerjasama untuk menjalin hubungan kekeluargaan. Kompetensi sumberdaya manusia adalah prestasi individual yang diposisikan dengan benar. |
Digital File | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |