DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul ANALISIS HUBUNGAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DOSEN DAN SIKAP KRITIS MAHASISWA TERHADAP KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA.
Edisi
ISBN/ISSN
Pengarang ELLYS 0210095902/LPPM UIBA - Personal Name
Subyek/Subjek
Content type Karya Ilmiah Dosen
Bahasa Indonesia
Penerbit LPPM UIBA PALEMBANG
Tahun Terbit 2014
Abstrak RINGKASAN
Peranan seorang pendidik sangat dibutuhkan untuk menciptakan
sumberdaya manusia yang berkompeten agar dapat menjalankan roda
pembangunan untuk menuju cita-cita kemerdekaan yaitu menjadi negara yang
berdaulat, adil, makmur dan sejahtera.
Survey awal diperoleh informasi bahwa kompetensi siswa hanya diukur
melalui nilai indeks prestasi kumulatif (IPK). Padahal kompetensi harus meliputi
bukan saja kemampuan berfikir (kognitif) tetapi juga kemampuan merasakan
(afektif) dan kemampuan berbuat secara fisik (motorik).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan
komunikasi dosen dan sikap kritis mahasiswa terhadap kompentesi sumberdaya
manusia. Variabel kemampuan komunikasi dosen, sikap kritis mahasiswa dan
kompetensi sumberdaya manusia, adalah bagian dari implementasi kemampuan
kognitif, afektif dan motorik dosen dan mahasiswa. Responden disini pernah jadi
mahasiswa dimana saat ini sudah menjadi alumni dan bekerja sebagai karyawan
PT. Pupuk Sriwijaya Palembang. Dosen, pendidik yang mengajari, membimbing,
membina, mengarahkan dan mengawasi peserta didik saat menjadi mahasiswa.
Peneliti melakukan pengujian secara empiris dengan menggunakan
metodelogi penelitian secara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. Mulai dari
penentuan lokasi, variabel, model, dan rancangan penelitian serta tehnik
pengumpulan data. Begitu juga tehnis pengujian kevalidan dan kereliabilitasan
item-item pernyataan yang digunakan sebagai instrumen untuk menggali
informasi yang dibutuhkan sebagai data yang dianalisis dengan menggunakan
program SPSS for window’s 19.0.
Hasil pengujian membuktikan bahwa “Kemampuan komunikasi dosen dan
sikap kritis mahasiswa terhadap kompetensi sumber daya manusia” mempunyai
hubungan yang nyata dan signifikan.
Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebuah rekayasa sosial dimana
pengetahuan dasar tentang proses komunikasi adalah sangat penting untuk
dipahami oleh seorang dosen, yaitu pengucapan dan tulisan yang jelas, metode
ceramah dan media visualisasi, memberikan contoh-contoh nyata, dan keluasan
pengetahuan teoritis dan aplikatif dalam kehidupan sehari-hari.Kemampuan
komunikasi non verbal juga harus dipahami oleh dosen. Prestasi seorang pendidik
hanya akan tercapai apabila pendidik selalu memulai, melaksanakan dan
mengakhiri pengajaran dengan benar.
Komunikasi interaktif dan non verbal serta informasi mutakhir adalah
indikator sikap kritis yang mendapat persetujuan >90% dari responden. Dosen
harus memberikan informasi ilmu pengetahuan yang sedang berkembang dan
mutakhir melalui komunikasi interaktif dan komunikasi non verbal. Kompetensi
sumber daya manusia dapat ditunjukkan oleh responden yang bekerja dengan
minat dan semangat tinggi, kreatif dan inovatif, mengawali pekerjaan dengan
benar, melakukan tindakan korektif dan preventif terhadap hasil kerja,
bertanggunjawab pada fasilitas dan lingkungan kerja, serta berkomunikasi aktif
dalam bekerjasama untuk menjalin hubungan kekeluargaan. Kompetensi
sumberdaya manusia adalah prestasi individual yang diposisikan dengan benar.
Digital File
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya