DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul ANALISA PENGARUH PEMASANGAN TURBOCHARGER PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT 2010 TERHADAP TORSI DAN DAYA SKRIPSI
Edisi
ISBN/ISSN
Pengarang SIRAN 08320002/MESIN - Personal Name
Subyek/Subjek
Content type Karya Ilmiah Mahasiswa/Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit FT UNIVERSITAS IBA
Tahun Terbit 2014
Abstrak ABSTRAK
Seiring dengan kemajuan industri otomotif dunia berpacu untuk
menginovasi produk-produk kendaraan yang mereka ciptakan. Berdasarkan
pemikiran tersebut para ahli perancang otomotif terus berupaya dan berinovasi
untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan dan tenaga yang lebih
besar. Mesin diesel dikenal memiliki torsi lebih besar, torsi yang lebih tinggi
berarti kenyamanan yang lebih baik terutama jika harus melibas medan-medan
berat. Oleh karena itu, diperlukan perangkat tambahan diantaranya dengan
memakai turbocharger dan alat pendingin (intercooler) pada kendaraan
MITSUBISHI PAJERO SPORT.
Pengujian putaran mesin ini dilaksanakan di bengkel mobil PT. Lautan
Berlian Utama Motor Jl. A. Yani No. 17 Rt. 20 – 13 ulu palembang 30265 –
indonesia. Pengujian ini menggunkan kendaraan Mitsubishi Pajero sport mode
engine 4D56 tahun 2010. Untuk alat ukur yang digunakan adalah Multi Use
Tester 3 (MUT 3). Setelah melakukan pengujian putaran mesin (rpm) pada
kendaraan dan dari analisa data yang didapat, maka hasil dari pengujian adalah
sebagai berikut :
 Dari hubungan putaran mesin dan torsi mesin terlihat bahwa torsi meningkat
seiring bertambahnya putaran mesin. Namun setelah mencapai torsi
maksimum pada putaran 3500 rpm dengan nilai torsi sebesar 311,8 Nm,
secara perlahan torsi menurun walaupun putaran mesin terus bertambah
pada mesin yang dilengkapi turbocarger. Sedangkan pada mesin yang
belum dilengkapi turbocharger torsi maksimumnya pada putaran mesin
3500 rpm dengan nilai torsi 212,8 Nm selisih 99 Nm atau 31,75% denngan
mesin yang dilengkapi turbocharger.
 Pada mesin yang sudah dilengkapi turbocharger menghasilkan daya poros
mesin maksimum sebesar 155,34 PS pada putaran mesin 3500 rpm,
sedangkan nilai daya poros mesin maksimun tanpa turbocharger mampu
pada putaran mesin maksimum 4000 rpm dengan nilai daya poros sebesar
116,89 PS.
Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa putaran mesin
(rpm) terhadap torsi dan daya, pada kendaraan MITSUBISHI PAJERO SPORT
2010 yang dilengkapi turbocharger dengan yang belum dilengkapi turbocarger.
Digital File
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya