Judul | ANALISA PENGARUH PEMASANGAN TURBOCHARGER PADA MITSUBISHI PAJERO SPORT 2010 TERHADAP TORSI DAN DAYA SKRIPSI |
Edisi | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | SIRAN 08320002/MESIN - Personal Name |
Subyek/Subjek | Content type | Karya Ilmiah Mahasiswa/Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | FT UNIVERSITAS IBA |
Tahun Terbit | 2014 |
Abstrak | ABSTRAK Seiring dengan kemajuan industri otomotif dunia berpacu untuk menginovasi produk-produk kendaraan yang mereka ciptakan. Berdasarkan pemikiran tersebut para ahli perancang otomotif terus berupaya dan berinovasi untuk menciptakan kendaraan yang ramah lingkungan dan tenaga yang lebih besar. Mesin diesel dikenal memiliki torsi lebih besar, torsi yang lebih tinggi berarti kenyamanan yang lebih baik terutama jika harus melibas medan-medan berat. Oleh karena itu, diperlukan perangkat tambahan diantaranya dengan memakai turbocharger dan alat pendingin (intercooler) pada kendaraan MITSUBISHI PAJERO SPORT. Pengujian putaran mesin ini dilaksanakan di bengkel mobil PT. Lautan Berlian Utama Motor Jl. A. Yani No. 17 Rt. 20 – 13 ulu palembang 30265 – indonesia. Pengujian ini menggunkan kendaraan Mitsubishi Pajero sport mode engine 4D56 tahun 2010. Untuk alat ukur yang digunakan adalah Multi Use Tester 3 (MUT 3). Setelah melakukan pengujian putaran mesin (rpm) pada kendaraan dan dari analisa data yang didapat, maka hasil dari pengujian adalah sebagai berikut : Dari hubungan putaran mesin dan torsi mesin terlihat bahwa torsi meningkat seiring bertambahnya putaran mesin. Namun setelah mencapai torsi maksimum pada putaran 3500 rpm dengan nilai torsi sebesar 311,8 Nm, secara perlahan torsi menurun walaupun putaran mesin terus bertambah pada mesin yang dilengkapi turbocarger. Sedangkan pada mesin yang belum dilengkapi turbocharger torsi maksimumnya pada putaran mesin 3500 rpm dengan nilai torsi 212,8 Nm selisih 99 Nm atau 31,75% denngan mesin yang dilengkapi turbocharger. Pada mesin yang sudah dilengkapi turbocharger menghasilkan daya poros mesin maksimum sebesar 155,34 PS pada putaran mesin 3500 rpm, sedangkan nilai daya poros mesin maksimun tanpa turbocharger mampu pada putaran mesin maksimum 4000 rpm dengan nilai daya poros sebesar 116,89 PS. Pengujian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa putaran mesin (rpm) terhadap torsi dan daya, pada kendaraan MITSUBISHI PAJERO SPORT 2010 yang dilengkapi turbocharger dengan yang belum dilengkapi turbocarger. |
Digital File | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |