Judul | ANALISA EMISI GAS BUANG PADA ENGINE BERBASIS COMMON RAIL SYSTEN DAN KONVENSIONAL MITSUBISHI L.200 STRADA TRITON DAN L300 DIESEL |
Edisi | |
ISBN/ISSN | |
Pengarang | JOKO PRIONO 09320025 / MESIN - Personal Name |
Subyek/Subjek | Content type | Karya Ilmiah Mahasiswa/Skripsi |
Bahasa | Indonesia |
Penerbit | FT UNIVERSITAS IBA |
Tahun Terbit | 2013 |
Abstrak | ABSTRAK Kendaraan yang menggunakan mesin Diesel diindikasikan yang paling banyak menyumbang emisi gas buang. Common rail sistem adalah sebuah sistem yang mengkoordinasi semau kerja aktuator dan sensor pemasukkan bahan bakar dan udara pada sebuah mesin Direct Injection- Diesel (DI-D) yang pengkoordinasiannya dilakukan oleh sebuah Engine Control Unit (ECU).Gas buang yang dikeluarkan oleh mesin diesel terdiri dari gas Karbonmonoksida (CO), Karbondioksoda (CO2), nitrogenoksida (NOx) dan Hidrokarbon (HC). Untuk mengetahui hal tersebut maka dilakukan pengujian emisi gas buang dengan menggunakan Smoke Tester, pengujian dilakukan dengan putaran dari 1000 rpm sampai 4000 rpm. Pengujian dilakukan pada kendaraan Mitsubishi L200 Strada Triton dengan Common Rail Sistem (CRS) dan Mitsubishi L300 Diesel dengan mesin Konvesional. Limit emisi gas buang ditetapkan 45% untuk Harga Semua Unsur (HSU) mesin Diesel. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan putaran dari putaran 1000 rpm sampai 4000 rpm yang setiap putaran dilakukan pengulangan pengujian sebanyak tiga kali. Dari hasil pengujian tingkat emisi gas buang pada L200 triton emisi terendah terjadi pada putaran 1500 rpm yaitu 13,00% dan emisi tertinggi pada putaran 2500 rpm yaitu 15,20 %. Sedangkan pada L300 Diesel emisi terendah terjadi pada 1000 rpm dengan nilai 20,30% dan nilai tertinggi pada putaran mesin 4000 rpm yaitu 47,10%. key word: Common rail system, direct injection-Diesel(DI-D), engine control Unit(ECU), injection pump, smoke tester, harga semu unsur(HSU), strada triton, sensor, actuator ix |
Digital File | LOADING LIST... |
Kembali ke sebelumnya |