DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul ANALISA EMISI GAS BUANG PADA ENGINE BERBASIS COMMON RAIL SYSTEN DAN KONVENSIONAL MITSUBISHI L.200 STRADA TRITON DAN L300 DIESEL
Edisi
ISBN/ISSN
Pengarang JOKO PRIONO 09320025 / MESIN - Personal Name
Subyek/Subjek
Content type Karya Ilmiah Mahasiswa/Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit FT UNIVERSITAS IBA
Tahun Terbit 2013
Abstrak ABSTRAK
Kendaraan yang menggunakan mesin Diesel diindikasikan yang paling banyak
menyumbang emisi gas buang. Common rail sistem adalah sebuah sistem yang
mengkoordinasi semau kerja aktuator dan sensor pemasukkan bahan bakar dan
udara pada sebuah mesin Direct Injection- Diesel (DI-D) yang
pengkoordinasiannya dilakukan oleh sebuah Engine Control Unit (ECU).Gas
buang yang dikeluarkan oleh mesin diesel terdiri dari gas Karbonmonoksida (CO),
Karbondioksoda (CO2), nitrogenoksida (NOx) dan Hidrokarbon (HC). Untuk
mengetahui hal tersebut maka dilakukan pengujian emisi gas buang dengan
menggunakan Smoke Tester, pengujian dilakukan dengan putaran dari 1000 rpm
sampai 4000 rpm. Pengujian dilakukan pada kendaraan Mitsubishi L200 Strada
Triton dengan Common Rail Sistem (CRS) dan Mitsubishi L300 Diesel dengan
mesin Konvesional. Limit emisi gas buang ditetapkan 45% untuk Harga Semua
Unsur (HSU) mesin Diesel. Pengujian dilakukan dengan memvariasikan putaran
dari putaran 1000 rpm sampai 4000 rpm yang setiap putaran dilakukan
pengulangan pengujian sebanyak tiga kali. Dari hasil pengujian tingkat emisi gas
buang pada L200 triton emisi terendah terjadi pada putaran 1500 rpm yaitu
13,00% dan emisi tertinggi pada putaran 2500 rpm yaitu 15,20 %. Sedangkan
pada L300 Diesel emisi terendah terjadi pada 1000 rpm dengan nilai 20,30% dan
nilai tertinggi pada putaran mesin 4000 rpm yaitu 47,10%.
key word:
Common rail system, direct injection-Diesel(DI-D), engine control Unit(ECU),
injection pump, smoke tester, harga semu unsur(HSU), strada triton, sensor,
actuator
ix
Digital File
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya