DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT KUSTA Dr.RIVAI ABDULLAH PALEMBANG
Edisi
ISBN/ISSN
Pengarang GEMA WICAKSONO 09220036.P - Personal Name
Subyek/Subjek
Content type Karya Ilmiah Mahasiswa/Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit FE Univ IBA
Tahun Terbit 2012
Abstrak ABSTRAK
PENGARUH KUALITAS PELAYAN TERHADAP KEPUASAN
PASIEN DI RAWAT INAP RUMAH SAKIT KUSTA
Dr. RIVAI ABDULLAH PALEMBANG
Oleh
GEMA WICAKSONO
Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan :
Sri Ermeila, SE.M.Si
Sebagai Ketua
H.RY.Effendi, SE.M.Si
Sebagai Anggota
Berdasarkan keputusan menteri kesehatan RI No.983/MenKes/SK
10/1992.,Rumah Sakit merupakan salah satu organisasi pelayanan yang
merupakan bagian terintegrasi dari sistem pelayanan kesehatan. Pelayanan
kesehatan yang bermutu harus dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan
kesehatan tersebut berdasarkan kepuasan rata-rata.
Tujuan penelitian ini adalah melihat kualitas pelayanan rawat inap di RS
Kusta Dr. Rivai Abdullah Palembang dan melihat pengaruh kualitas layanan
terhadap kepuasan pasien. Dimensi mutu yang dilihat adalah penampilan,
keandalan, ketanggapan, keyakinan, dan empati. Penelitian ini dilakukan dengan
desain cross sectional terhadap 80 sampel yang dirawat dalam kurun waktu maret
s.d. mei 2012.
Hasil yang didapatkan bahwa sebagian besar dimensi mutu pada RS Dr
Rivai Abdullah berstatus puas. Namun, ada dimensi mutu yang masih perlu
perbaikan karena masih berstatus kurang puas di mata pasien, yaitu ketanggapan
dan empati. Penyebabnya sebagian besar karena kurang terpenuhinya kebutuhan
emosional pasien rawat inap. Sehingga upaya peningkatan kepuasan pasien perlu
pula dieksplorasi pada pemenuhan kebutuhan emosional pasien selain
memberikan layanan bermutu dan berkualitas.
Digital File
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya