DETAIL REKOD
Kembali ke sebelumnya  
Judul PENGARUH HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUAL MOBIL MEREK HINO DUTRO PADA PT.CITRA LESTARI MOBILINDO PALEMBANG
Edisi
ISBN/ISSN
Pengarang AAN SUSANTO 08220018 - Personal Name
Subyek/Subjek
Content type Karya Ilmiah Mahasiswa/Skripsi
Bahasa Indonesia
Penerbit UNIVERSITAS IBA.FAK. EKONOMI
Tahun Terbit 2012
Abstrak PENGARUH HARGA JUAL TERHADAP VOLUME PENJUALAN
MOBIL MEREK HINO DUTRO PADA PT. CITRA LESTARI
MOBILINDO PALEMBANG
Oleh
AAN SUSANTO
Penulisan skripsi ini dibawah bimbingan :
Esty Naruliza, SE.,MP
Sebagai Ketua
H. RY. Effendi, SE.,M.Si
Sebagai Anggota
Di dalam penetapan harga, pasti selalu terdapat kesenjangan antara biaya
yang perusahaan keluarkan dan persepsi pelanggan mengenai produk yang
perusahaan jual tersebut. Penentuan harga yang tepat adalah harga yang dapat
menghasilkan laba tetapi dari sisi pelanggan sesuai atau tidak terlalu mahal dan
tidak terlalu murah. Artinya, apabila perusahaan telah memahami struktur biaya
dan nilai produk, maka perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat tentang
bagaimana menetapkan harga terhadap produk yang dijual tersebut. Salah satu
produk yang penetapan harganya harus tepat bagi konsumen yaitu produk
transportasi.
Strategi penetapan harga jual sangat kompleks dan sangat penting karena
mempunyai hubungan langsung dengan pendapatan PT. Citra Lestari Mobilindo
secara keseluruhan. Pada tingkat tertentu di perusahaan ini dalam penetapan harga
jual produknya, dapat berdasarkan pada ekslusifitas produk tersebut. makin tinggi
harga yang ditetapkan secara relatif terhadap kompetitor, makin eksklusif pula
konsumen sasarannya. Strategi penetapan harga di perusahaan ini diterapkan
dengan benar sesuai dengan karakteristik produk dan lingkungan pemasaran,
seperti situasi persaingan serta perilaku konsumen.
Dari data skripsi yang diolah, maka didapatkan persamaan regresi linier
adalah Y= 353,861 - 7,392X. Dari persamaan ini terlihat bahwa harga jual
mempunyai pengaruh yang negatif terhadap peningkatan volume penjualan.
Hubungan negatif tersebut dapat dilihat pada tanda (-) pada persamaan tersebut.
Dapat dilihat dari nilai t hitung (-3,352) < t tabel (2,306), maka H0 ditolak dan H1
diterima. Maka, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang negatif dan
signifikan antara harga jual terhadap volume penjualan pada PT. Citra Lestari
Mobilindo Palembang. Koefisien determinasi dari skripsi ini, yaitu sebesar 0,584
yang menyatakan bahwa proporsi variasi variabel bebas yaitu harga jual
mempengaruhi variasi variabel terikat yaitu volume penjualan sebesar 58,4%, dan
sisanya sebesar 41,6% dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel harga jual,
seperti kualitas produk, biaya promosi, perilaku konsumen, dan lain-lain.

Digital File
LOADING LIST...
  Kembali ke sebelumnya